Mandirancan, MI.id – Melihat tingginya animo masyarakat yang datang, Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda menyebut program Sinergi Integritas Pelayanan Publik (SIPP) cukup ampuh dalam memberikan pelayanan publik secara langsung kepada masyarakat.
Ia menyebut setiap pelaksanaannya SIPP mendapat sambutan positif dari masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pelayanan dari beberapa SKPD sekaligus.
“Ini membuktikan bahwa SIPP cukup ampuh dalam memberikan pelayanan publik secara langsung kepada masyarakat,” ujar Wabup H,M Ridho saat meninjau pelaksanaan SIPP ke-5 di Pendopo Kantror Kecamatan Mandirancan, Rabu (21/12/2022).
Baca juga :
- Kelurahan Cigugur Miniatur Indonesia
- Abah Madsudiadi Raih Anugrah Kebudayaan
- Hasil Drawing Perempatfinal Liga Europa: MU Vs Sevilla
Menurut Wabup, SIPP merupakan program inovasi jemput bola dari Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam memberikan pelayan publik yang berkualitas. Dalam pelaksanaannya diikuti oleh sejumlah SKPD di lingkup Pemkab Kuningan yang secara bersama-sama memberikan pelayanan publik.
Dalam setiap pelaksanaan SIPP melibatkan sejumlah SKPD, dengan jumlah nyang selalu bertambah. “Kali ini dari Polres Kuningan juga turut menyemarakkan SIPP dengan memberikan pelayanan SIM keliling bagi warga yang berada di wilayah Kecamatan Mandirancan,” jelas dia.
Ia menyebutkan, pelayanan yang diberikan itu diantaranya pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) seperti KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan sebagainya, dapat dengan mudah ditangani langsung oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kuningan.

Wabup Kuningan, H,M Ridho Suganda bersama para SKPD Kuningan Kuningan saat memantau program SIPP di Pendopo Kecamatan Mandriancan, Kabupaten Kuningan, Rabu (21/12/2022)
Kemudian yang berhubungan dengan usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) dilayani oleh Diskopdagperin, atau yang membutuhkan kemudahan perizinan akan ditangani langsung DPMPTSP.
Selain itu, hadir pula Diskominfo, Dinas Sosial, BPBD, DPPKBP3A, Dinas Kesehatan, Bappenda, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kantor Pertanahan, PMI, serta sejumlah lembaga swasta lainnya.
Sebagai pencetus SIPP, Wabup Ridho berharap akan lebih banyak lagi SKPD yang terlibat untuk memberikan pelayannan langsung kepada masyarakat sesuai dengan tupoksinya. Harapannya program SIPP ini terus berkesinambungan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayan publik.
Program itupun imbuh H.M Ridho diperlukan komitmen semua pihak untuk percepatan dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Hal ini selaras dengan visi Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis dan Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023,” pungkasnya. (tan)