Sen. Mar 20th, 2023

Kuningan, MI.id – Kepala Desa Cimaranten, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan, Abdurrahman ingin desanya memiliki pendapatan asli desa (PADes). Hal itu sebagai upaya dalam mewujudkan desa maju dan mandiri.

“Saat ini kami sedang berupaya untuk mewujudkankan Desa yang Maju dan Mandiri. Salah satunya caranya dengan berupaya memiliki pendapatan asli desa (PADes) dari potensi desa yang ada,” terang Kades Abdurrahman di ruang kerjanya, Senin (26/12/2022) lalu.

“Kita akan mencoba membangun tempat usaha di sekitar kantor desa, depan lapang Sepak Bola. Lapang bola yang kita miliki, saat ini sudah standar nasional dengan ukuran panjang 90 meter dan lebar 80 meter. Nah di bagian depannya itu, kita akan membangun ruko-ruko yang akan dikelola oleh BUMDesa bersama masyarakat,” imbuh Kades Abdurrahman.

Baca juga :

“Di area pertokoan ini dengan panjang 80 meter dan lebar 15 meter, kita bisa membangun beberapa kavling ruko sekaligus dilengkapi dengan area parkir kendaraan roda dua dan roda empat.” terang dia.

Rencananya itupun nampaknya akan mulus, karena tahun 2023 mendatang, anggaran dari dana desa (DD) tidak terlalu besar. Sehingga bisa dialokasikan untuk membangun imprastruktur, termasuk pembangunan ruko taha awal.

Sementara fasilitas desa yang lainnya sudah terbilang cukup seperti Poskesdes, Posyandu dan sekolah PAUD, TK dan SD telah ada. Begitu pula jaringan irigasi dan prasarana jalan usaha tani.

“Tahun ini kita telah membuat jalan usaha tani ke area persawahan memanfaatkan Dana Desa tahun 2022 dari pos ketahanan pangan.

Camat Cipicung, Kabupaten Kuningan, Deni Hamdani, SE, M.Si sangat mendukung apabila di setiap desa yang ada di wilayah binaannya, terus berupaya menggali potensi yang ada di desanya masing-masing. “Ini sangat baik, karena setiap desa harus maju dan mandiri untuk mensejahterakan masyarakatnya,” ujar dia pekan lalu. (tan)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *