Sen. Mar 20th, 2023

Kuningan, MI.id – Pohon Angsana setinggi 20 meter dengan diameter 1 meter, tumbang di Jalan Raya Kuningan – Luragung, sekitar Desa Pagundan Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan, Selasa (3/1/2023) pukul 14.30 WIB. Pohon tumbang itupun menimpa dan menimpa pengendara dan penumpang sepeda motor Honda Vario, Entin (42 tahun) dan Rini Harini (38) warga Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, S.STP menjelaskan, kondisi kendaraan yang tertimpa pohon tumbang, rusak sedang. Sementara pengendara dan penumpang sepeda motor Vario, Entin dan Rini langsung dilarikan ke RS KMC Luragung untuk mendapatkan perawatan medis.

Baca juga :

“Entin mengalami luka sakit di dada, pipi kanan bengkat dan lecet di kaki kiri. Sedangkan Rini Harini, luka lecet di wajah dan lebam di kaki kanan.” terang Indra Bayu.

Longsor di Desa Situgede dan Desa Bagawat

Longsor terjadi di Dusun Karangbaru RT 04/02 dan Dusun Ragawangsa RT 08/03 Desa Situgede, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Rabu (4/1/2023) pukul 17.00 WIB. Penyebabnya karena terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sejak siang hingga sore hari.

Di Dusun Karangbaru RT 04/02, jalan lingkungan longsor dengan panjang 5 meter, lebar 1 meter dan tinggi 4 meter. Berdampak rumah milik Karim (45 tahun) terancam. Longsor juga terjadi pada bahu jalan lingkungan sepanjang 6 meter dan lebar 7 cm. Berdampak jalan lingkungan tersebut terancam.

Sementara di Dusun Ragawangsa RT 08/03, tebing dengan panjang 15 meter dan lebar 5 meter, longsor dari ketinggian 8 meter. Longsor itupun menimpa halaman dan dinding samping rumah Warsono (60) dan mengancam halaman belakang rumah Supadi (65).

BPBD Kabupaten Kuningan langsung menerjunkan team assesment dan memberikan bantuan logistic. Menurut Kalak BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, di lokasi bencana perlu penataan lingkungan dan saluran irigasi.

Sementara untuk penanganan pembersihan material longsor dan penataan lingkungan  dilakukan oleh warga setempat di Dusun Ragawangsa pada Minggu (8/1/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indrabayu Permana memantau langsung Longsor yang terjadi di Desa Situgede, Kecamatan Subang (kiri), Warga sedang menangani longsor yang terjadai di Desa Bagawat Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan (kanan)

Longsor di terjadi pula pada waktu yang hampir bersamaan di Desa Bagawat, Kecamatan Selajambe. Longsor terjadi di Dusun Sunaherang RT 12/06 dan RT 10/05, dan di Dusun Tanggulun RT 01/01 Desa Bagawat.

Di Dusun Sunaherang RT 12/06, tembok penahan tebing (TPT) sepanjang 7 meter dengan lebar 3 meter, longsor dari ketinggian 8 meter. Longsor itupun menimpa dapur milik Jumhadi (62) seluas 12M², dan rumah Ruhidin (53) terancam terbawa longsor.

Di RT 10/05, tebing sengan panjang 10 meter denan lebar 3 meter, longsor dari ketinggian 6 meter menimpa halaman belakang rumah Nenek Neswi (70) dan rumah Jumhadi (52). 

Sementara di Dusun Tanggulun RT 01/01, TPT jalan lingkungan longsor 10 meter dengan lebar 2 meter dan tinggi 6 meter. Longsor itupun menimpa dinding bagian belakang dapur milik Rahman (62). Selain itu, rumah Saman (62) dan Unas (75), terancam terbawa longsor bagian teras depannya.

Aparat desa setempat langsung berkoordinasi dengan BPBD Kuningan, TNI, Polri dan aparat Kecamatan Selajambe. Esoknya, masyarakat setempat melakukan membersihkan material longsor, serta penataan lingkungan dan saluran air. (tan)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *