Sen. Mar 20th, 2023

KUNINGAN, MI.id – Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H. menerima penghargaan Lencana Bakti Ekonomi Desa kategori kepala daerah pembina BUMDes tingkat nasional dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Penghargaan diserahkan langsung Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam Peringatan Hari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (02/01/2023) malam.

“Penghargaan itu menjadi bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mendorong BUMDesa menjadi penggerak perekonomian di desa. Untuk ke depannya, BUMDesa harus lebih profesional dalam menjalankan usahanya.” ujar Bupati Acep Purnama.

Baca juga :

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada segenap stakeholder yang telah bekerja sepenuh hati dalam mewujudkan BUMDesa berdikari dan maju” imbuh dia didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kuningan, Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si, Direktur BUMDes Aryakamuning, Iim Ibrahim dan Kepala Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan H. Toyib.

Penghargaan Lencana Bakti Ekonomi Desa diberikan kepada 24 kabupaten di Indonesia dengan berbagai kategori yang berbeda.

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar mengungkapkan, saat ada 60.147 BUMDesa di Indonesia, dari jumlah itu, 12.306 sudah berbadan hukum. Ia berharap BUMDesa bisa membangun konektivitas perekonomian.

“Saya yakin kalau BUMDesa bersinergi akan menjadi daya ungkit ekonomi yang luar biasa. Ekonomi bangkit dari desa. BUMDesa harus berperan sebagai penguat ekonomi desa, inkubator bisnis desa serta dinamisator ekonomi warga masyarakat pedesaan. Oleh karena itu, dengan bangga sejak 2 Februari 2023 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau saya nyatakan 2 Februari sebagai Hari BUMdesa Nusantara,” kata Abdul Halim Iskandar.

Sebelumnya, Dani Nuryadin dalam akun facebooknya pada 24 Januari 2023 lalu mengungkapkan, bahwa dari Kabupaten Kuningan akan mendapat 2 penghargaan, penghargaan itu untuk BUMDesa Inspiratif sebagai yang terbaik diraih oleh BUMDesa Arya Kamuning Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Duta BUMDesa/BUMDESMA diraih oleh Dani Nuryadin – penggiat Desa Kabupaten Kuningan tingkat JAwa Barat. (tan)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *