Kam. Mar 23rd, 2023

Kuningan, MI.id – Ratusan kepala keluarga di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan mengalami krisis air bersih sejak awal pekan ini. Penyebabnya karena adanya masalah (trouble) pada mesin pumpa air milik Perumda Air Minum Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan.

Menyikapi kondisi itu, UPT Pemadam Kebakaran Satpol Kabupaten Kuningan melakukan pengiriman air bersih mulai Rabu (22/2/2023) pada pukul 17.00 hingga 20.00 WIB. Pasokan kekurangan diberikan untuk sejumlah 55 KK di Dusun Sukamanah RT 14 dan 15 RW 05.

Permintaan air bersih disampaikan oleh Oyo Sunaryo (45) warga Kelurahan Cipari kepada UPT Damkar Kuningan. Oyo mengungkapkan, bahwa sudah sejak 2 hari lalu, warga Kelurahan Cipari kekurangan pasokan air bersih akibat pimpa air milik PDAM wilayah Cigugur rusak.

Baca juga :

PAM KUningan juga telah mendistribusikan air berih menggunakan mobil tangki, tapi belum mencukupi, karena itu, Ia meminta bantuan pasokan air melalui UPT Damkar Kuningan.

UPT Damkar terang Mh. Khadafi Mufti, menerjunkan 3 orang petugas dibantu petugas PAM Kuningan menggunakan mobil tangki air dengan kapasiras 7.000 liter Air untuk membantu memenuhi kebutuhan Air bersih warga.  

Sementara itu, pihak PAM Kuningan saat ini masih melakukan perbaikan pompa air dan jaringan air bersih di wilayah Cigugur. 

Pendistribusian air bersih kembali dilakukan, Kamis (23/2) dari pukul 09.00 – 13.00 WIB. Kali ini untuk warga Lingkungan Kondang RT 07/02 dan RT 01/01 Kelurahan Cipari yang mendapat giliran. “Kali ini kapasitasnya lebih banyak, yakni 11.000 liter dengan menerjunkan 4 orang petugas menggunakan mobil tangki aiar,” terang Khadafi.

Plt Direktur Perumda PAM Tirta Kamuning Kuningan, Dr. Ukas Suhafaputra, MP mengungkapkan, saat ini pompa sudah dipesan. “Indent Senin Selasa di pasang. Penanganan sementara dengan suplay air via tangki, dan tapping saluran dari wilayah karamatmulya.” jelas dia ketika dikonfirmasi, Jumat 24 Februari 2023 ia WhatsApp. (Tan)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *